PLN Bawa Rumah Kopi Binaan ke Pameran Kopi se-Indonesia

Mengangkat tema _Indonesian Coffee Showcase_ kegiatan ini menghadirkan 166 pegiat kopi yang terdiri dari petani, prosesor, coffe roastery, coffee shop, serta memamerkan peralatan-perkakas pendukung, bahan baku dan aneka produk turunan kopi.

Rumah BUMN Kepahiang yang merupakan binaan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) mengikutsertakan mitra unggulan Rumah Kopi Kriya Kepahiang dalam event Jogja Coffee Week #2 yang diselenggarakan oleh Komunitas Coffee Nusantara. Event berskala nasional itu diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) Daerah Istimewa Yogyakarta, 1 – 6 September 2022 lalu.

Mengangkat tema _Indonesian Coffee Showcase_ kegiatan ini menghadirkan 166 pegiat kopi yang terdiri dari petani, prosesor, coffe roastery, coffee shop, serta memamerkan peralatan-perkakas pendukung, bahan baku dan aneka produk turunan kopi. Tidak hanya itu, 239 peserta kompetisi cupping dan brewing dari Seluruh Indonesia turut terlibat meramaikan acara. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan usaha kopi para petani, UMKM hingga perusahaan-perusahaan mikro, kecil dan menengah, dengan segala produk turunannya yang mana saat ini sedang bertumbuh pesat di Indonesia. Pameran ini selain untuk membantu pemasaran kopi juga diharapkan dapat membantu percepatan ekonomi dalam negeri melalui pertumbuhan ekspor kopi Indonesia yang pasarnya cukup besar dan terus bertumbuh,” ujar Rahadi Saptata Abra selaku Ketua Panitia Jogja Coffe Week #2.

Kopi Kriya Kepahiang sendiri merupakan salah satu mitra unggulan PLN yang hadir dalam kegiatan Jogja Coffee Week #2 di Yogyakarta. Kopi Kriya Kepahiang beranggotakan komunitas penggiat kopi di Kabupaten Kepahiang yang saat ini sedang berfokus pada proses pendampingan petani kopi dalam pengolahan pascapanen. Hal ini untuk meningkatkan dan mendapatkan kualitas kopi terbaik sesuai standar permintaan pasar baik nasional maupun mancanegara. 

Manajer operasional dan program Rumah BUMN Kepahiang, Agung Yudha Prawira menjelaskan bahwa Kopi Kriya Kepahiang telah melalui proses pendampingan dan kurasi, sehingga bisa didorong untuk masuk ke pangsa pasar nasional, salah satunya dengan mengikutkan dalam event pameran ini.  “Event Jogja Coffee Week #2 menjadi salah satu wadah untuk mitra binaan PLN dan Rumah BUMN dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk kopi unggulan daerah Bengkulu ke pasar yang lebih luas, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan berimbas pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para petani serta pegiat kopi di daerah,” Kata Agung

Perwakilan kelompok Rumah Kopi Kriya Kepahiang, Subhan Pernando mengucapkan terimakasih kepada PLN UIW S2JB dan Rumah BUMN Kepahiang atas dukungannya yang telah mengirimkan kelompok Rumah Kopi Kriya Kepahiang pada event Jogja Coffee Week #2. Subhan menceritakan, sebelum mendapatkan pendampingan dan pengembangan rumah produksi, mereka hanya mampu menjual produknya dikisaran 20-30 kg setiap bulannya dengan omzet 4 hingga Rp 5 juta.

Berkat bantuan yang diberikan PLN, saat ini kelompok Rumah Kopi Kriya Kepahiang mampu meningkatkan penghasilan mencapai 15-20 juta rupiah dari penjualan kopi sebanyak 70-100 kg setiap bulannya.

Selain peningkatan volume penjualan dan omzet, Subhan juga mengatakan bahwa dengan bantuan pendampingan yang diberikan PLN dan Rumah BUMN Kepahiang, mereka dibimbing untuk meningkatkan desain produk dan kemasan, dibantu dalam proses sertifikasi produk serta diberikan pelatihan pemasaran online dan persiapan menuju pasar ekspor. "Di Rumah BUMN Kepahiang, kami diberikan pelatihan dan pendampingan untuk menjadi UMKM yang naik kelas, yaitu: Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global," ungkap Subhan.

Ia juga berharap kedepannya, Kopi Kriya Kepahiang bisa diikutsertakan dalam event besar lainnya. Dirinya yakin dengan pembinaan dan pendampingan yang diberikan oleh PLN dan Rumah BUMN Kepahiang, para pelaku UMKM khususnya penggiat dan petani kopi di daerah Kepahiang dan sekitarnya bisa menuju ke pasar nasional dan global. Assisten Manajer Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) S2JB, Iwan Arissetyadhi menjelaskan bahwa PLN selain menjalankan core business-nya dalam menyediakan layanan kelistrikan kepada masyarakat, juga menjalankan komitmen untuk turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui peningkatan UMKM.

"Melalui Program PLN Peduli, perusahaan menjalankan amanah dari pemerintah melalui pengelolaan Rumah BUMN, yang fokus pada pembinaan UMKM di daerah," terangnya.

Selanjutnya, Iwan juga mengungkapkan bahwa keikutsertaan Komunitas Kopi Kriya Kepahiang dalam Pameran Jogja Coffe Week #2 ini merupakan bentuk program pembinaan PLN dan Rumah BUMN Kepahiang untuk mendorong mitra dan produk unggulan daerah ke pangsa pasar yang lebih luas, baik di level nasional maupun internasional.

Sumber: Tribunews

Editor: Admin

Berita SebelumnyaMenikmati Panorama Alam Silayung Park yang Menyimpan…
Berita SelanjutnyaMenjadi Juara Ini Bonus Bagi Saya