Kopi Americano, Dari Tentara Italia sampai Drama Korea

Ada beberapa alasan yang membuat kopi Americano sangat digandrungi masyarakat Korea Selatan salah satunya adalah karena masyarakat Korsel yang sibuk bekerja membutuhkan kafein. Hal tersebut dapat ditemukan salam segelas minuman kopi.

Setiap saya nonton drama Korea pasti ada saja scene di mana pemerannya menikmati segelas es kopi Americano.  Ya, olahan kopi bernama Americano ini memang sangat populer di negeri Gingseng tersebut.

Ada beberapa alasan yang membuat kopi Americano sangat digandrungi masyarakat Korea Selatan salah satunya adalah karena masyarakat Korsel yang sibuk bekerja membutuhkan kafein.  Hal tersebut dapat ditemukan salam segelas minuman kopi.  

Namun demikian, minuman kopi itu harus yang rendah kalori, tidak ada penambahan gula atau susu sehingga tidak mengakibatkan kenaikan berat badan.

Kopi Americano hanya terdiri dari kopi dan air/es sehingga harganya pun terhitung murah.  Namun, ada beberapa orang yang menambahkan sedikit gula. Murahnya harga kopi Americano membuat kopi ini menjadi favorit di cafe-cafe bagi orang-orang bermodal cekak namun hobi hang-out.

Namanya bolehlah Americano namun nyatanya minuman kopi ini berasal dari Italia. Ya, saat itu perang dunia kedua tengah berkecamuk.  Para tentara Amerika ingin ngopeeee tapi mereka kehahisan stok.  Maka datanglah mereka secara berombongan ke kedai kopi di negerinya Babang Alesandro Del Piero itu

Di Italia, minuman kopi yang populer adalah espresso.  Eh ternyata bagi orang Amerika terasa pahit bingits sepahit nasib mereka yang musti berperang sana-sini.  Nah, agar gak sepahit kehidupan, para tentara tersebut minta ditambahi air di kopi espresso mereka.  

Orang Italia menyebut orang Amerika dengan American.  Maka dinamailah kopi kesukaan para American dengan nama Americano ... Espanola ... eeehhh.

Dilansir dari Americano Lounge, ada beberapa manfaat dari kopi yang biasa diolah menjadi minuman, seperti :

1.  Kopi menurunkan resiko penyakit Alzheimer.  Penyakit ini merupakan penyebab utama demensia dan tidak ada obatnya.  Menurut sebuah penelitian pngkonsumsi kopi memiliki peluang 65% lebih kecil terkena penyakit ini.

2.  Kopi membantu melawan depresi.  Sebuah penelitian yang dilakukan kepada 200 ribu orang menunjukkqn bahwa orang yang seharinya meminum 4 gelas atau lebih setiap hari memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk melakukan upaya bunuh diri.

3.  Kopi dapat membantu menurunkan berat badan.  Ya, kopi dapat meningkatkan laju metabolisme sebesar 3-11%.  Kafein merupakan salah satu zat alami yang terbukti mampu membakar lemak

4.  Kopi mengandung banyak antioksidan dan sejumlah besar nutrisi penting termasuk riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, dan magnesium.

5.   Kopi dapat meningkatkan mood karena kafein di dalamnya merupakan zat psikoaktif legal.

Resep Es Kopi Americano

Bahan :

2 sdt bubuk kopi, saya mengunakan kopi berampas

1 sdt gula pasir (optional)

50 ml air panas

50 ml air es

4-5 kotak es batu

Cara membuatnya :

1.  Dalam wadah, campur bubuk kopi, gula, dan air panas, aduk dengan whisk selama 3-5 menit.

2.  Siapkan gelas, masukan es batu dan air es.

3.  Saring larutan kopi bila memakai bubuk kopi berampas

Sumber: Ika Septi/Kompasiana

Editor: Admin

Berita SebelumnyaEvolusi "Tiga Gelombang" dan Perlakuan Berbeda Pada…
Berita SelanjutnyaPeringati Hari Gizi Nasional, Rumah Tangguh Stunting…