Bukan di Pulau Dewata, Cibatu Miliki Kampung Bali

Meski memiliki nama asli Wisata Budaya dan Alam Graha Liman Kencana, namun banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai Kampung Bali. Objek wisata ini menyajikan taman asri dengan dekorasi khas Bali, serta museum yang memiliki ratusan koleksi bersejarah.

Cibatu saat ini namanya mulai sering disebut kembali setelah diresmikannya jalur kereta api di Stasiun Garut. Banyak warga Garut Kota khususnya yang mencoba naik kereta api dengan menuju Stasiun Cibatu.

Jarak Kecamatan Cibatu dari pusat kota Garut sekitar 21 km, dapat diakses dengan menggunakan motor, mobil atau bahkan dengan menggunakan angkutan kota atau angkot dengan jurusan Terminal Guntur-Cibatu. Setelah beroperasinya kembali Stasiun Garut sangat memungkinkan tempat wisata di Cibatu akan menjadi tujuan berwisata yang paling dicari.

Kabupaten Garut memiliki alam yang mempesona hampir di setiap Kecamatannya, tak terkecuali Kecamatan Cibatu. Ada beberapa tempat wisata di Cibatu yang dapat dikunjungi, meski masih tersembunyi dan belum banyak diketahui. Nah sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi ketika naik kereta api dan memutuskan untuk turun di Stasiun Cibatu. Berikut beberapa tempat yang dapat menjadi referensi wisata ketika berada di Cibatu

Jika Ada yang bertanya kepada saya destinasi wisata mana yang paling ingin saya kunjungi? jawabannya tentu saja Pulau Dewata Bali. Ya, Bali memang mempesona bahkan keindahannya sudah terkenal diseluruh penjuru negri. Namun saat ini kita tidak harus jauh-jauh ke bali karena di Garut juga da lho objek wisata bernuansa Bali yang disebut dengan Kampung Bali. Jadi untuk sekadar merasakan nuansa dan mengenal secara langsung adat dan budaya Bali, Anda bisa mengunjungi tempat yang satu ini. 

Meski memiliki nama asli Wisata Budaya dan Alam Graha Liman Kencana, namun banyak wisatawan yang menjulukinya sebagai Kampung Bali. Objek wisata ini menyajikan taman asri dengan dekorasi khas Bali, serta museum yang memiliki ratusan koleksi bersejarah. Pengunjung dapat melakukan kegiatan rekreasi sekaligus belajar sejarah dan budaya Indonesia.

Wisata Kampung bali di Garut ini adalah wahana wisata Keraton dan Cagar Alam didirikan oleh KRAT. Ki. H. Derajat Hadiningrat di tanah seluas 30 hektare yang kemudian diberi nama Pasulukan Loka Gandasasmita. Yang mendasari pembangunan Pasulukan Loka Gandasasmita ini adalah sebagai kecintaan KRAT. Ki. H. Derajat Hadiningrat untuk mempertahankan budaya nusantara khusunya Budaya Bali.

Di dalam Kawasan Kampung Bali ini ada sebuah bangunan mirip sebuah keraton yang didalamnya terdapat banyak koleksi ribuan benda pusaka. Anda dapat melihat-lihat berbagai macam pusaka tersebut didalam keraton ini. Dusini terdapat sekitar 20 patung bersejarah, lebih dari 1.000 benda-benda pusaka serta peninggalan 9 wali lengkap dan asli karena memiliki sertifikatnya.

Hal ini tentu dapat menambah wawasan Anda dalam mengenal benda-benda pusak Indonesia. Selain itu disini Anda juga akan lebih mengenal sejarah dan kebudayaan bangsa. Wisata ke Kampung Bali dapat memberikan manfaat kepada anak-anak Anda karena dapat menanamkan rasa kecintaan yang lebih terhadap kebudayaan Indonesia khusunya Bali.

Wisata Kampung Bali juga memiliki fasilitas penunjang untuk para wisatawan. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Kampung Bali.

  • Tempat Parkir
  • Mushola Saung
  • Gazebo
  • Taman
  • Warung dan Kantin

Selain itu disini juga ada beberapa bangunan dari berbagai keraton di antaranya Pendhapi Kyai Ageng Adhiyaksa, Pendhapi Kyai Ageng Kismantoro, Pendhapi Sang Prabu Kencana Wulung, Pendhapi Kepatihan, Pendhapi Kaputren, Pendhapi Agung Kanjeng Kyai Widoro Kandang, dan Graha Liman Kencana.

Harga Tiket Masuk: Rp10.000 - Rp380.000

Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB 

Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara No.17, Cibunar, Cibatu, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44185

Sumber: Dari berbagai sumber

 

 

 

 

Editor: Admin

Berita SebelumnyaIndonesia Negara Penghasil Kopi Terbaik di Dunia
Berita SelanjutnyaLetkol Inf Hamzah Beri Bonus Juara Cibatu…