Bersama Bupati Garut, Jamkrindo Akan Lelang Kopi Cibatu untuk Donasi di Taman Kuliner Cibatu

PT Jaminan Kredit Indonesia bersama Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation) menggelar event bertajuk “Pemuda Coffee Night" di Taman Kuliner Cibatu, Sabtu (29/10/2022).

CIBATU. Sumpah Pemuda bagian dari pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia, khususnya para pemuda dalam memperjuangkan nilai nilai persatuan, menumbuhkan kebanggan terhadap identitas bangsa. Dalam momentum bersejarah ini, peran pemuda semakin singifikan sebagai agen pembaharu dalam menyikapi berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Pemuda juga harus punya andil besar dalam memajukan perekonomian bangsa, sekaligus merawat warisan kekayaan bangsa. 

Untuk itu, PT Jaminan Kredit Indonesia bersama Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation) menggelar event bertajuk “Pemuda Coffee Night" di Taman Kuliner Cibatu, Sabtu (29/10/2022), untuk merefleksikan semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dalam perpektif kekinian.  Adapun rangkaian acara diisi dengan lelang 28 kopi Cibatu yang hasilnya akan didonsaikan untuk sejumlah pihak antara lain, kaum difabilitas, anak berkebutuhan khusus (ABK), dan keluarga penderita ODGJ. Kemudian, pembagian 1.000 cup kopi Cibatu, pertunjukan kesenian lengser, karinding dan jaipongan. Acara ditutup dengan pemutaran film pendek Kopi dan Hati, yang merupakan garapan dari sineas muda asal Cibatu.

Acara amal Pemuda Coffee Night juga mendapat apresisiasi dari Pemerintah Kabubaten Garut, PMO Kopi Nusantara Kementerian BUMN, PT Kereta Api Indonesia, PT Telkom Indonesia, Hurip Jaya, selaku pengelola Taman Kuliner Cibatu, dan pihak lainnya. "Acara lelang kopi akan dibuka langsung oleh Bupati Garut, yang sekaligus meresmikan Taman Kuliner Cibatu," kata Pendiri Salarea Foundation, Dadan M Ramdan.

Menurut Dadan, agenda “Pemuda Coffee Night mengusung beberapa kegiatan yang pada dasarnya mengajak kalangan pemuda dan masyarakat khususnya di Cibatu bisa menampilkan sisi positif dari peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda adalah momen yang sangat monumental bagi  perjalanan bangsa ini karena menyadarkan kepada kita semua bahwa kebangkitan pergerakan bangsa Indonesia dimulai dari anak muda. Pemuda adalah penggerak perubahan dari zaman sebelum kemerdekaan sampai pada saat  ini, bergerak mengajak dan  menyeru dengan tujuan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.  "Dalam konteks kekinian, kami ingin mengajak masyarakat khsusnya di Cibatu, terutama kaum muda untuk mau menggali potensi yang ada di daerah untuk kemajuan ekonomi, salah satunya dari komoditas kopi yang sudah lama ditanam para petani di Cibatu," ujar Dadan, yang juga Owner Pawon Kopi Salarea. 

Di balik nilai ekonominya, kopi juga menjadi media pemersatu bagi litas kalangan dan latar belakang untuk bertemu di satu meja sambil menyeruput nikmatnya kopi. "Kami berharap kopi Cibatu ini bisa diterima pasar, sehingga berdanpaj positif juga ke para petani yang semakin giat menaman kopi. Ke depan, kami berharap kopi ini menjadi komoditas unggulan di Cibatu," harap Dadan.

Humas Taman Kuliner Cibatu, Roni Faisal Adam menambahkan, Bupati Garut Rudy Gunawan akan meresmikan Taman Kuliner Cibatu, yang merupakan foodcourt pertama di kecamatan wilayah Garut Utara. "Bahkan Pak Bupati berharap Taman Kuliner Cibatu menjadi model atau percontohan foodcourt untuk kecamatan lainnya," terang dia. 

Roni berharap, keberadaan Taman Kuliner Cibatu bisa membawa dampak positif bagi peningkatan sektor perekonomian dan perdagangan, khususnya bagi para pedagang kuliner. "Saat ini pembangunan taman kuliner sudah tuntas. Terdapat 47 lebih kios yang sudah disewa sama tenant. Jadi, Taman Kuliner Cibatu sudah siap diresmikan oleh Bupati Garut," ujarnya. 

Editor: Admin

Berita SebelumnyaHarapan untuk Bupati Garut dan KAI Resmikan…
Berita SelanjutnyaPeringati Hari Gizi Nasional, Rumah Tangguh Stunting…