Kuliner Khas Garut Yang Kudu Dicicipi

Ya, Garut memang terkenal akan wisata "icip-icip" yang menggugah selera. Garut merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan kelezatan kulinernya.

Siapa yang pernah berlibur ke Garut dan menjelajahi wisata kuliner yang ada di sana? Di daerah dipastikan Anda dihadapkan dengan pilihan yang sulit harus mencicipi kuliner yang mana dulu saking banyak dan enaknya. Ya, Garut memang terkenal akan wisata "icip-icip" yang menggugah selera.

Garut merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Nah, berikut rekomendasi beberapa kuliner yang harus Anda cicipi saat berlibur ke sana, yang dilansir dari foodnesia.net.

Dodol Garut

Liburan ke Garut kurang afdal rasanya jika Anda belum mencoba dodol Garut. Makanan khas Sunda ini sudah menjadi ikon dan identitas Garut yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Jika bicara Garut, pasti teringat dodol. Hingga sekarang makanan khas Garut ini tidak tergeser oleh zaman. Bahkan, makanan tradisional ini juga telah bertransformasi dengan berbagai varian rasa yang tak kalah enaknya dengan versi aslinya. Dodol menjadi kuliner Garut yang belum tertandingi hingga saat ini. 

Chocodot

Saat ini dodol khas garut semakin terkenal karena tampilannya yang kekinian dan semakin menarik dari segi pengemasan serta menjadi tren anak muda sekarang. Inovasi warga untuk meningkatkan derajar kuliner khas Garut patut diapresiasi.

Dodol bukan lagi sekadar makanan khas Garut biasa, tapi sudah dikolaborasikan dengan bahan lainnya, seperti chocodot yang merupakan coklat dengan isi dodol. Nama chocodot merupakan hasil perpaduan dari dodol dan coklat sehingga didapatkan makanan baru yang enak dan kekinian.

Hingga saat ini sudah ada beberapa varian dari chocodot yang digemari dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh, seperti dodol yang dibuat dengan campuran kacang, buah dan bahkan cabai.

Nasi Liwet

Tak hanya Solo, Garut juga punya nasi liwet yang memiliki tampilan dan penyajian yang berbeda. Anda akan menemukan nasi liwet yang disajikan langsung dari wadah memasaknya yang dilengkapi dengan taburan cabai.

Nasi liwet akan terasa nikmat dimakan bersamaan dengan lauk ayam, tahu, tempe, sambal dan lalapan yang segar. RM. Asep Stroberi menjadi rekomendasi restoran yang favorit bagi para pendatang yang berlibur atau singgah dalam perjalanan di Garut.

Dorokdok

Pernah mendengar Dorokdok ? Ya, namanya memang sedikit asing sih di telinga awam. Dorokdok adalah kerupuk kulit khas Garut. Dorokdok diolah dari kulit sapi kemudian dilumuri dengan bumbu rempah tertentu sehingga menghasilkan rasa yang enak dan gurih. Makanan ini berasal dari daerah Sukagalih Tarogong Kidul, tetapi sudah banyak dijual di toko-toko wilayah Garut.

Kemasannya memakai plastik transparan dalam berbagai ukuran dan sangat praktis jika dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang berlibur kesana.

Soto Ayam Garut

Garut juga punya makanan khas berupa soto lho. Perbedaan soto ini dengan wilayah lainnya terletak pada kuahnya yang cenderung asin dan gurih karena dibuat dari santan dan rempah.

Soto ayam Garut memiliki kuah berwarna kuning pekat yang berbeda dengan kebanyakan soto yang kuahnya bening. Nikmatilah soto ayam Garut dengan tambahan kacang kedelai yang ditaburi di atasnya. Eits, jangan sampai ketinggalan bawang goreng untuk menambah rasa nikmatnya.

Soto ayam Garut merupakan salah satu bukti kelezatan bahwa makanan Sunda susah bikin move on.

Sambal Cibiuk 

Ada satu sambal enak yang merupakan makanan khas Garut bernama sambal cibiuk. Nama itu sesuai dengan daerah dimana sambal tersebut berasal yaitu Cibiuk, Garut. Menurut masyarakat setempat resep sambal ini didapatkan dari tanah Arab.

Perbedaan sambal ini ada pada bahannya yang terdiri dari tomat hijau, cabai hijau, serawung dan bumbu khas lainnya. Sambal cibiuk tidak akan membuat perut terasa panas meskipun pedas di lidah. Pencinta makanan pedas wajib mencoba sambal cibiuk dari Garut ini.

Moring

Moring merupakan singkatan dari cimol kering. Cemilan asal Garut ini memang dibuat dari cimol yang dipotong tipis-tipis kemudian digoreng. Moring yang masuk ke dalam kategori keripik ini dibuat dari bahan dasar tapioka atau kanji yang dibumbui dengan resep rahasia. Demi tampil kekinian, moring dihadirkan dengan berbagai varian rasa, seperti BBQ, keju, dan lainnya.

Moring cocok dijadikan oleh-oleh untuk mereka yang hobi ngemil sembari menemani waktu belajar, nonton TV, dan aktivitas santai lainnya.

Editor: Admin

Berita SebelumnyaErick Thohir: Termahal Sepanjang Sejarah, Harga Pangan…
Berita SelanjutnyaLetkol Inf Hamzah Beri Bonus Juara Cibatu…