JOS, Inovasi Jamkrindo Berhasil Sabet Penghargaan IDX Channel

Proses penjaminan di JOS ini sangat mudah, yakni principal bisa melakukan input secara mandiri di atas data-data yang diperlukan, lalu tim di Jamkrindo akan melakukan verifikasi data.

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) diganjar penghargaan dalam IDX Channel Anugerah Inovasi 2022. Perseroan menyabet award atas inovasi Jamkrindo Online Suretyship (JOS) kategori Hubungan Eksternal.

Direktur Bisnis Penjaminan PT. Jamkrindo Suwarsito menjelaskan, dunia usaha semakin membutuhkan layanan penjaminan yang transformatif, di tengah perkembangan teknologi, informatika, dan pandemi Covid-19. ”Perkembangan situasi yang ada membutuhkan pelayanan yang profesional efektif dan efisien,” ujar Suwarsito.

Dan yang pasti, pelaku bisnis juga perlu adaptasi sebagai upaya mewaspadai peluang pada masa mendatang. Oleh karena itu, setiap unit usaha perlu menghadirkan layanan yang inovatif dan kompetitif. ”Kami menghadirkan inovasi JOS untuk menghadirkan layanan penjaminan yang inovatif dan kompetitif di tengah Pandemi Covid-19,” tuturnya.

Suwarsito mengatakan bahwa pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya disrupsi sekaligus percepatan transformasi digital, khususnya bagi pelaku usaha. Hal ini berimbas kepada layanan penjaminan yang harus semakin efektif dan mudah, dan kehadiran JOS menjadi jawabannya.

”Proses penjaminan di JOS ini sangat mudah, yakni principal bisa melakukan input secara mandiri di atas data-data yang diperlukan, lalu tim di Jamkrindo akan melakukan verifikasi data,” ucap Suwarsito. The top 5 reef-safe sunscreens for 2022 Jamkrindo juga tidak sembarang memberikan penjaminan. Dalam proses verifikasi data, perusahaan akan mengirimkan notifikasi melalui website bagi pengajuan penjaminan yang layak dijamin dan telah disetujui.

”Melalui aplikasi JOS, principal yang membutuhkan penjaminan proyek tidak harus datang langsung ke kantor Jamkrindo, melainkan cukup mendaftarkan diri melalui website suretyship.jamkrindo.co.id,” katanya. Adapun, Jamkrindo juga mempersiapkan JOS untuk mengarungi era persaingan industri 4.0. Kesiapan ini didukung oleh kemitraan strategis yang dijalin Jamkrindo dengan berbagai institusi seperti UMKM, perbankan, dan lembaga keuangan lain.

”Sebagai bentuk kesiapan internal tersebut, dapat dilakukan secara daring, baik host to host, menggunakan web service, maupun digital seperti halnya JOS,” tutur Suwarsito. Jamkrindo adalah perusahaan penjaminan kredit yang terintegrasi dalam holding Indonesia Financial Group (IFG).

Jamkrindo memiliki sejumlah produk, di antaranya berupa produk penjaminan program dan nonprogram. Terkait pemjaminan program, tersedia produk penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan penjaminan KMK dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasiona (PEN).

Untuk produk nonprogram, produk penjaminan Jamkrindo meliputi, penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang. Selanjutnya juga terdapat surety bond, customs bond, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan kredit lainnya.

Sumber: Katadata

Editor: Admin

Berita SebelumnyaCegah Krisis Pangan, ARIA Manfaatkan Teknologi Drone…
Berita SelanjutnyaBLK Komunitas Kemenaker Gelar Business Meeting 2024